TUGAS BIOLOGI
RANI OLVIANITA
RANI OLVIANITA
UJI KOMPETENSI
Coba kerjakan di buku kerja kalian.
A.Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.
1.Sains memiliki objek kajian berupa ....
a.alam sekitar kita
b.alam sekitar baik yang bersifat nyata
maupun abstrak
c.benda konkret yang dapat direspons
oleh pancaindra kita
d.benda konkret yang hanya dapat
diobservasi dengan penglihatan
e.benda konkret yang dapat diketahui
dengan bantuan instrumen/alat bantu
Coba kerjakan di buku kerja kalian.
A.Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.
1.Sains memiliki objek kajian berupa ....
a.alam sekitar kita
b.alam sekitar baik yang bersifat nyata
maupun abstrak
c.benda konkret yang dapat direspons
oleh pancaindra kita
d.benda konkret yang hanya dapat
diobservasi dengan penglihatan
e.benda konkret yang dapat diketahui
dengan bantuan instrumen/alat bantu
HAL.3
Ilmu pengetahuan untuk mempelajari gejala-gejala alam secara objektif (apa adanya) disebut sains. Sains mempu-
nyai ciri, yaitu objek yang dikaji berupa benda-benda kongkret, dikembang- kan dengan penga- laman empiris, siste-matis,menggunakancara berpikir logis,hasilnya objektif berupa hukum-hukum yang berlaku umum.
2. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi sangat pesat. Pesatnya perkembangan
ini didasarkan atas pengalaman ....
a. laboratorik
b. subjektif
c. psikologis
d. empiris
e. sistematik
hal:3
Dikembangkan dengan pengalaman empiris (pengalaman
nyata), dalam arti pengalaman yang dapat dirasakan oleh setiap orang
3. Alasan bahwa sains dikembangkan
menurut langkah yang sistematis adalah ....
a. agar hasilnya selalu benar
b. agar hasilnya selalu bermanfaat
c. agar mendapatkan hasil yang
subjektif
d. agar tidak terjadi kesalahan
e. agar setiap orang yang melakukan
langkah tersebut menghasilkan produk yang sama
hal:3
Melalui langkah yang sistematis, maksudnya siapa pun yang
membuktikan jika melalui cara-cara, situasi, dan kondisi sama akan dihasilkan produk yang sama pula
4. Hasil penelitian sains selalu memihak
kepada ....
a. kebenaran ilmiah
b. kebenaran absolut
c. kebenaran sementara
d. keyakinan
e. penguasa
4. Hasil penelitian sains selalu memihak
kepada ....
a. kebenaran ilmiah
b. kebenaran absolut
c. kebenaran sementara
d. keyakinan
e. penguasa
hal:10
Sifat keingintahuan manusia dapat berkembang melalui
tahapan sistematis yang telah ditentukan, yaitu melalui metode
ilmiah
5. Di bawah ini merupakan kegiatan
observasi dalam melakukan penelitian
ilmiah, kecuali ....
a. melihat
b. mendengar
c. memikir
d. membau
e. mengecap
6. Langkah pertama yang dilakukan oleh
peneliti dalam melakukan penelitian
ilmiah adalah ....
a. melakukan percobaan
b. mengobservasi hasil pengamatan
c. mengidentifikasi permasalahan
d. menganalisis data
e. merancang eksperimen
7. Deskripsi hasil pengamatan terhadap
objek biologi dengan indra penglihatan adalah ....
a. bau dan rasa
b. warna dan rasa
c. suara dan ukuran
d. bau dan warna
e. bentuk dan ukuran
8. Amir membaca skala termometer menunjukkan 37o C
waktu mengukur suhu tubuh temannya. Keterampilan
yang dimiliki oleh Amir adalah ....
a. keterampilan mengukur
b. keterampilan melihat
c. keterampilan menarik kesimpulan
d. keterampilan mengamati
e. keterampilan mempredeksi
9. Seorang siswa mengamati tanaman mangga yang
bunganya sangat banyak. Ia mengatakan sebentar lagi pohon
mangga itu akan berbuah banyak pula.
Pernyataan tersebut termasuk ....
a. observasi
b. rumusan masalah
c. kesimpulan
d. penjelasan
e. rumusan hipotesis
hal:11
observasi langsung pada lingkungan atau
hasil wawancara dengan para ahli. Kerangka berfikir ini merupakan
alasan yang menjelaskan keterkaitan antara berbagai
faktor dengan objek dan jawaban terhadap suatu permasalahan.
Kerangka berfikir disusun secara rasional berdasarkan
penemuan-penemuan yang telah teruji kebenarannya.
10. Dalam sistematika penulisan ilmiah, latar belakang
masalah ditempatkan pada ....
a. Pendahuluan
b. Data dan pembahasan
c. Kesimpulan dan saran
d. Metode penelitian
e. tinjauan pustaka
11. Seorang siswa kelas X ingin mengetahui pengaruh pemberian
pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman bawang
merah. Rumusan masalah dari rencana penelitian tersebut adalah ....
a. Apakah pupuk kandang lebih mudah diperoleh?
b. Bagaimanakah mekanisme penyerapanpupuk kandang
oleh tanaman bawang merah?
c. Apakah tanaman bawang merahcocok dipupuk dengan pupuk
kandang?
d. Bagaimana pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan
tanaman bawang merah?
e. Apakah pertumbuhan tanaman bawang merah yang baik menyebabkan
hasil produksi juga meningkat
Hal:14
Rumusan masalah penelitian berupa pertanyaanpertanyaan
yang memudahkan untuk merancang penelitian.
Rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan
spesifik dari judul penelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam rumusan masalah, yaitu:
– masalah dirumuskan dengan kalimat sederhana dan dalam
bentuk pertanyaan;
– singkat, jelas, dan padat serta tidak menimbulkan kerancuan
pengertian.
Perumusan masalah, misalnya:
“Adakah pengaruh jumlah pakan pelet BR terhadap
pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari?”
12. Variabel bebas dari pernyataan soal
nomor 11 di atas adalah ....
a. variasi bibit bawang merah
b. variasi banyak sedikitnya pupuk kandang
c. variasi pertumbuhan tanaman bawang merah
d. variasi cara pengolahan tanah
e. variasi banyak sedikitnya daun
hal: 14
Variabel adalah faktor yang berpengaruh, memiliki nilai
(ukuran) tertentu dan dapat berubah atau diubah. Oleh
karena itu variabel merupakan faktor peubah. Misalnya:
• variabel manipulasi/bebas, faktor ubah yang sengaja
dibuat berbeda-beda oleh pelaku peneliti.
Misalnya: jumlah pakan pelet BR yang diberikan.
• variabel respon/terikat faktor ubah yang terjadi sebagai
akibat proses yang sedang berjalan.
Misalnya: pertambahan berat ayam kampung
Definisi operasional:
Kecepatan pertambahan berat tubuh ayam kampung dalam
satuan gram.
13. Hipotesis yang dirumuskan dari pernyataan
soal nomor 11di atas adalah ....
a. pupuk kandang berpengaruh pada pertumbuhan
tanaman bawang merah
b. produksi tanaman bawang merah dipengaruhi
oleh teknik pengolahan tanah
c. tingkat pertumbuhan tanaman yang masih muda
menentukan tingkat produksi bawang merah
d. apakah pupuk kandang memengaruhi pertumbuhan
tanaman bawang merah
e. pertumbuhan tanaman bawang merah
dipengaruhi oleh pupuk kandang
hal:16
Perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus
mempunyai hipotesis. Hipotesis diperlukan jika penelitian
mempersoalkan hubungan antarvariabel. Penelitian eksploratif
(penelitian yang bersifat menjelajah) dan penelitian deskriptif
(penelitian yang bersifat menggambarkan) tidak memerlukan
hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi
menjawab masalah penelitian.
(penelitian yang bersifat mencari hubungan antar variable).
Misalnya:
Terdapat pengaruh positif pemberian pakan pelet BR terhadap
pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 sampai 40 hari
14. Seorang siswa bertanya kepada guru. Bu, mengapa penyakit
demam berdarah sering mewabah?
Pertanyaan tersebut merupakan suatu sikap ilmiah dalam hal ....
a. mengembangkan rasa ingin tahu
b. peduli terhadap lingkungan
c. berpendapat secara ilmiah dan kritis
d. mampu membedakan antara fakta dan opini
e. berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi
hal:10
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki
kemampuan berfikir paling cerdas dibandingkan dengan makhluk
hid up lainnya. Dengan kecerdasan tersebut manusia selalu berkeinginan
untuk tahu dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang
telah diketahuinya. Dengan demikian manusia akan selalu mengembangkan
rasa keinginantahuan tersebut melalui pengetahuannya.
Sifat keingintahuan manusia dapat berkembang melalui
Tahapan sistematis yang telah ditentukan, yaitu melalui metode
ilmiah. Metode ilmiah mengarah pada pola berfikir logis, analitis
(menggunakan analisis), dan empiris (sesuai dengan kenyataan).
Adanya sifat empiris inilah yang menyebabkan kebenaran itu
bersifat objektif, artinya kebenaran melekat pada objek, siapa pun
yang memandang objek itu pasti sama.
15. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam penulisan
ilmiah adalah berikut ini, kecuali ....
a. kalimat padat, singkat dan jelas
b. kalimat dicetak tebal
c. kalimat lugas
d. bermakna sebenarnya
e. bersifat meyakinkan
hal:13
Penelitian Ilmiah
Rancang an penelitian adalah pokok-pokok perencanaan
seluruh penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah
secara ringkas, jelas, dan utuh. Rancangan penelitian dibuat dengan
tujuan agar pelaksanaan penelitian dapat berjalan secara benar,
baik, dan lancar. Rancangan penelitian memuat judul penelitian,
latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah
penelitian, tujuan dan fungsi penelitian, tinjauan
kepustakaan, hipotesis (kalau diperlukan), batasan konsep,
metodologi penelitian dan daftar kepustakaan.
Syarat-syarat rancangan penelitian seperti berikut ini.
1. Sistematis, artinya unsur-unsur yang ada dalam rancangan
penelitian harus tersusun dalam urutan yang logis. Setiap
rancangan harus menentukan judul penelitian, menjelaskan
latar belakang, dan tujuan penelitian.
2. Konsisten, artinya terdapat kesesuaian di antara unsurunsurnya,
misalnya antara judul dengan tujuan, antara rumusan
masalah dengan tujuan, antara rumusan masalah dengan metodologi, dan sebagainya.
3. Operasional, artinya dapat menjelaskan bagaimana penelitian
itu dilakukan, misalnya data yang diinginkan, cara pengamatan
terhadap objek penelitian, alat yang digunakan, dan penentuan
objek penelitian.
soal2 biologi
soal2 biologi
1. Siapakah seseorang yang pertama kali mengamati tentang sel ?
a. Robert Hooke (lks 236 gb klas 2 hal 2)
b. K. Williamson
c. J.B. Reece
d. Johnson
e. Theodor Schwann
2. Pada mahkluk hidup multi seluler sel-sel , yang berkumpul bersama membentuk :
a. Organ
b. Sistem organ
c. Kumpulan sel
d. Jaringan(236 gb klas 2 hal 3)
e. Gugus sel
3. Ciri sel prokariotik adalah, kecuali
a. DNA tidak dibungkus membrane inti
b. Tidak memiliki membrane inti hal c. Memiliki dinding sel
b. Tidak memiliki membrane inti hal c. Memiliki dinding sel
d. Inti sel dan sitoplasma di pisahkan(
e. Aktifitas sel terjadi di Sitoplasma
4. Bagian dari membrane plasma yang menghadap keluar memiliki sifat :
a. Hidrofilik (sumber : http://gudangilmugigi.blogspot.com/2010/07/struktur-sel.html)
b. Hidrofobik
c. Katalisator
d. Transpor
e. Mengurai
5. Unsur yang menyusun membrane plasma yang berfungsi menstabilkan membrane plasma adalah:
a. Protein (lks klas x hal 15)
b. Lipid
c. Karbohidrat
d. Glukosa
e. Phospat
6. Transpor ion, molekul, dan senyawa yang tidak memerlukan energi disebut:
a. Osmosis
b. Transpor pasif (lks klas 11 236 hal 20)
c. Transpor aktif
d. Transpor electron
e. Difusi
7. Perpindahan pelarut dari hipotonik ke hipertonik di sebut:
a. Hemolisis
b. Plasmolisis
c. Osmosis (buku catatan dari dvd)
d. Difusi
e. Transpor pasif
8. Pada sel hewan bila lingkungan sekitarnya hipertonik (lebih pekat) maka akan terjadi:
a. Krenasi
b. Lipid
c. Difusi
d. Plasmolisis
e. Tugrid
9. Membesarnya ukuran sel pada tumbuhan sehingga mendorong dindingselnya disebut:
a. Krenasi
b. Osmosis
c. Tugrid
d. Hemolisis
e. Plasmolisis
10. Zat yang membentuk saluran subsatnsi-subsansi sehingga bisa di lalui pada difusi disebut:
a. Asam amino
b. Glukosa
c. Protein intergral
d. Protein pembawa
e. Asam asetat
11. Proses pergerakan acak partikel-partikel dari konsentrasi tinggi ke rendah disebut:
a. Osmosis
b. Transfor pasif
c. Transfor Aktif
d. Difusi (lks klas 11 236 hal 21)
e. Substrat
12. Ilmuwan yang menyatakan bahwa sel berasal dari sel adalah :
- Robert Brown
- Robert Kock
- Rudolf Virchow (BSE 236 klas x1 hal 3)
- Max Scultze
- Schleiden
13. Transpor suatu zat yang mengaktifkan transport zat lain melewati membrane plasma :
a. Transpor electron
b. Kotranspor
c. Pompa ion
d. Osmosis
e. Difusi (bse 285 klas x1 hal 11)
14. Transpor dengan membentuk lipatan pada membrane plasama disebut:
a. Tranfor electron
b. Kontranspor
c. Endositas dan eksositosis(bse 189 klas x1 hal 16)
d. Osmosis dan Plasmolisis
e. Endobilitas dan eksobilitas
15. Fungsi inti sel berikut, kecuali :
a. Mengendalikan proses metabolisme
b. Menyimpan informasi genetic dalam bentuk DNA
c. Mengatur kapan dan di mana gen harus berkerja
d. Tempat terjadinya replikasi dan transkripsi
e. Menstabilkan kesatuan fisik membrane plasma (bse 189 klas x1 hal 21)
16. Cairan yang berada di dalam membrane plasma tetapi di luar nucleus disebut:
a. Plasmolisis
b. Plastida
c. Sitoplasma (bse 146 klas x1 hal 6)
d. Isopropil
e. Nukleus
17. Pada Amoeba yang mengatur pergerakan selnya adalah :
a. Badan Golgi
b. Ribosom
c. Sitoskeleton(bse 146 klas x1 hal 18)
d. Lisosom
e. Retikulum Endoplasma (RE)
18. Organel sel yang berfungsi mensintesis protein adalah :
a. Mitokondria
b. Lisosom
c. Ribosom (lks klas x hal 15)
d. Badan Golgi
e. RE halus
19. Organel sel yang berfungsi mensintesis lipid adalah :
a. RE kasar
b. Ribosom
c. RE halus(lks klas x hal 17)
d. Endoplasma
e. Ribosom
20. Enzim oksidatif dan katalase berada pada organel sel :
a. Mitokondria
b. Peroksisom (lks klas x hal 18)
c. RE kasar
d. RE halus
e. Sitoplasma
21. Ciri-ciri sel hewan adalah sebagai berikut,kecuali :
a. Tidak memiliki dinding sel
b. Memiliki vakuola berukuran besar
c. Tidak memiliki plastida
d. Memiliki sentriol
e. Memiliki nukleus (lks klas x hal 23)
22. Bahan utama penyusun dinding sel pada sel tumbuhan :
a. Protein
b. Glukosa
c. Selulosa(lks klas x hal 23)
d. Seluler
e. Leukoplas
23. Enzim yang berguna mentranfer hydrogen dari substrat ke oksigen :
a. Enzim katalase( power point sel slide 20)
b. Enzim Maltase
c. Enzim oksidatif
d. Enzim Peroksida
e. Enzim petialin
24. Pada sel hewan dan tumbuhan yang berfungsi sebagi tempat keluar dan masuknya ion, molekul kedalam dan keluar sel adalah :
a. Membran plasma (lks klas x hal 15)
b. Nukleus
c. Ribosom
d. Badan golgi
e. RE
25. Organel sel yang terdiri dari mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen tengah :
a. Membran plasma
b. Sitoskeleton (lks klas x hal 21)
c. Retikulum endoplasma
d. Lisosom
e. Mitokondria
26. Tempat protein dan molekul lain ditransportasikan adalah di bagian :
a. Sitoskeleton
b. Lisosom
c. Badan Golgi (bse 236 klas x1 hal 9)
d. Peroksisom
e. Selulosa
27. Organel sel yang berisi enzim pencernaan yang umumnya pada sel hewan :
a. Lisosom (lks klas x hal 18)
b. Badan Golgi
c. Sitoskeleton
d. Sentriol
e. Nukleus
28. Bila di lakukan pengamatan sel hewan dengan menggunakan mikorskop cahaya, bagian sel yang tidak teramati adalah :
a. Dinding sel
b. Membran sel
c. Sitoplasma
d. Intisel atau nucleus
e. Mitokondria
29. Benda mikroskopis dapat di perbesar secara tiga dimensi dengan bantuan mikroskop :
a. Cahaya
b. Scanning electron (bse 189 klas x1 hal 6)
c. Transmission electron
d. Fluoresens
e. Fase kontras
30. Unit dasar struktur membrane plasma adalah :
a. Fospolipid bilayer (bse 189 klas x1 hal 10)
b. Protein intergral
c. Kolesterol
d. Protein periferal
e. Glikoprotein-glikolipid
31. Transpor molekul melalui membrane plasma yang melibatkan dua protein membrane adalah:
a. Osmosis
b. Difusi (lks klas x hal 35)
c. Endositosis
d. Kotranspor
e. Pompa ion
32. Larutan yang dapat mempertahankan bentuk dan volume sel adalah :
a. Hipertonik
b. Hipotonik
c. Isotonic (lks klas x hal 36)
d. Terlarut
e. Pelarut
33. Transpor makro melekul seperti polisakarida ke luar sel di lakukan dengan cara :
a. Osmosis
b. Difusi
c. Endositosis
d. Eksositosis(lks klas x hal 38)
e. Transport aktif
34. Osmosis disebut juga dengan difusi air karena :
a. Air yang melewati selaput permeable
b. Air yang berpindah melewati selaput semipermeabel (lks klas x hal 36)
c. Air yang berpindah melewati selaput impermeable
d. Air yang dapat melarutkan gula
e. Air yang menghancurkan dinding sel
35. Bila larutan gula dan air di masukan ke dalam wadah yang bersifat permeable akan terjadi peristiwa :
a. Difusi(bse 189 klas x1 hal 11)
b. Osmosis
c. Difusi dan osmosis
d. Imbibisi
e. Tidak terjadi apa apa
36. Yang berfungsi memberikan tekanan turgor terhadap sel adalah :
a. Vakum
b. Leukoplas
c. Vakuola (lks klas x hal 22)
d. Sentriol
e. Spindel
37. Senyawa kimia yang tidak di perlukan oleh sel itu sendiri pada vakuola adalah:
a. Tonoplas (lks kla x hal 22)
b. Turgiditas sel
c. Metabolit sekunder
d. Metabolit primer
e. Turgiditas molekul
38. Organel bermembran rangkap dengan bentuk dan fungsi yang berbeda pada sel tumbuhan yaitu
a. Kloroplas
b. Vakuola
c. Jaringan ikat
d. Plastida
e. Jaringan epidermis
39. Organel yang menandung klorofil yaitu:
a. Kromoplas
b. Kloroplas (lks klas x hal 19)
c. Leukoplas
d. Sentrikoplas
e. Tilakoplas
40. Tempat menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk amilum adalah :
a. Kromoplas
b. Leukoplas (lks kla x hal 19)
c. Kloroplas
d. Stroma
e. Tilakoid
41. Tempat berlangsungnya fotosintesis yaitu di bagian :
a. Stroma
b. Tilakoid (power point sel slide 24)
c. Membran dalam
d. Membran luar
e. Granula
42. Mengapa Kromoplas berwarna kuning jingga:
a. Karoten (bse 285 klas x1 hal 8)
b. Iodin
c. Plasmoid
d. Turgidus
e. Peroksida
43. Organel yang mengatur pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom yaitu:
a. Plastida
b. Kroroplas
c. Vakuola
d. Badan Golgi
e. Sentriol (power point sel slide 23)
44. Bahan penyusun sentriol yaitu :
a. Karoten
b. Iodin
c. Protein mikrotubulus (bse 285 klas x1 hal 8)
d. Karbohidrat
e. Lipid
45. Struktur protein seperti jala yang tampak berlekatan dengan kromosom selama pembelahan adalah :
a. Benang spindle
b. Benang spiral
c. Jaringan ikat
d. Jaringan meristem
e. Metabolit sekunder
46. Fungsi kloroplas adalah:
a. Sebagai pusat control sel
b. Melepaskan energi dari makanan di dalam sel (bse 189 klas x1 hal 25)
c. Menghasilkan gula dengan reaksi fotosintesis
d. Mengatur sesuatu yang masuk dan keluar sel
e. Melarutkan enzim-enzim dalam air
47. Struktur di dalam sel yang mengatur semua aktivitas sel adalah :
a. Kloroplas
b. Inti sel(lks klas x hal 16)
c. Membrane sel
d. Vakuola
e. Situplasma
48. Matriks mitokondria merupakan tempat terjadinya :
a. Transfer electron (vse 189 25 klas x1)
b. Glikoisis
c. Sintesis protein dan lipid
d. Replikasi DNA
e. Oksidasi asam lemak dan katabolisme asetil Co A
49. Sel hewan memiliki organel yang berguna saat pembelahan sel yaitu :
a. Sentriol (BSE 236 klas x1 hal 13)
b. Vakuola
c. Meristem apical
d. Permeable
e. Endositosis
50. Fotosintesis pada tumbuhan terjadi di . . . . Pada kloroplas.
a. Lumen grana
b. Stroma (BSE 236 klas x1 hal 13)
c. Membrane luar
d. Tilakoid
e. Grana