TUGAS BIOLOGI

TUGAS BIOLOGI     
RANI OLVIANITA
UJI KOMPETENSI
Coba kerjakan di buku kerja kalian.
A.Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.
1.Sains memiliki objek kajian berupa ....
a.alam sekitar kita
b.alam sekitar baik yang bersifat nyata
maupun abstrak
c.benda konkret yang dapat direspons
oleh pancaindra kita
d.benda konkret yang hanya dapat
diobservasi dengan penglihatan
e.benda konkret yang dapat diketahui
dengan bantuan instrumen/alat bantu
HAL.3
Ilmu pengetahuan untuk mempelajari gejala-gejala alam secara objektif (apa adanya) disebut sains. Sains mempu-
nyai ciri, yaitu objek yang dikaji berupa benda-benda kongkret, dikembang- kan dengan penga- laman empiris, siste-matis,menggunakancara berpikir logis,hasilnya objektif berupa hukum-hukum yang berlaku umum.
2. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
    teknologi sangat pesat. Pesatnya perkembangan
    ini didasarkan atas pengalaman ....
    a. laboratorik
    b. subjektif
    c. psikologis
   d. empiris
   e. sistematik
hal:3
    Dikembangkan dengan pengalaman empiris (pengalaman
    nyata), dalam arti pengalaman yang dapat dirasakan oleh setiap orang
3. Alasan bahwa sains dikembangkan
menurut langkah yang sistematis adalah ....
a. agar hasilnya selalu benar
b. agar hasilnya selalu bermanfaat
c. agar mendapatkan hasil yang
subjektif
d. agar tidak terjadi kesalahan
e. agar setiap orang yang melakukan
langkah tersebut menghasilkan produk yang sama
hal:3
        Melalui langkah yang sistematis, maksudnya siapa pun yang
        membuktikan jika melalui cara-cara, situasi, dan kondisi sama akan dihasilkan produk yang sama pula
4. Hasil penelitian sains selalu memihak
kepada ....
a. kebenaran ilmiah
b. kebenaran absolut
c. kebenaran sementara
d. keyakinan
e. penguasa
4. Hasil penelitian sains selalu memihak
kepada ....
a. kebenaran ilmiah
b. kebenaran absolut
c. kebenaran sementara
d. keyakinan
e. penguasa
hal:10
      Sifat keingintahuan manusia dapat berkembang melalui
      tahapan sistematis yang telah ditentukan, yaitu melalui metode
      ilmiah
5. Di bawah ini merupakan kegiatan
    observasi dalam melakukan penelitian
    ilmiah, kecuali ....
    a. melihat
    b. mendengar
    c. memikir
    d. membau
    e. mengecap
6. Langkah pertama yang dilakukan oleh
peneliti dalam melakukan penelitian
ilmiah adalah ....
a. melakukan percobaan
b. mengobservasi hasil pengamatan
c. mengidentifikasi permasalahan
d. menganalisis data
e. merancang eksperimen
7. Deskripsi hasil pengamatan terhadap
    objek biologi dengan indra penglihatan adalah ....
   a. bau dan rasa
   b. warna dan rasa
   c. suara dan ukuran
   d. bau dan warna
   e. bentuk dan ukuran 
8. Amir membaca skala termometer menunjukkan 37o C        
    waktu mengukur suhu tubuh temannya. Keterampilan
    yang dimiliki oleh Amir adalah ....
    a. keterampilan mengukur
    b. keterampilan melihat
    c. keterampilan menarik kesimpulan
    d. keterampilan mengamati
    e. keterampilan mempredeksi
9. Seorang siswa mengamati tanaman mangga yang
    bunganya sangat banyak. Ia mengatakan sebentar lagi pohon
    mangga itu akan berbuah banyak pula.
    Pernyataan tersebut termasuk ....
   a. observasi
   b. rumusan masalah
   c. kesimpulan
   d. penjelasan
   e. rumusan hipotesis
hal:11
      observasi langsung pada lingkungan atau
      hasil wawancara dengan para ahli. Kerangka berfikir ini merupakan
      alasan yang menjelaskan keterkaitan antara berbagai
      faktor dengan objek dan jawaban terhadap suatu permasalahan.
      Kerangka berfikir disusun secara rasional berdasarkan
      penemuan-penemuan yang telah teruji kebenarannya.
10. Dalam sistematika penulisan ilmiah, latar belakang
      masalah ditempatkan pada ....
      a. Pendahuluan
      b. Data dan pembahasan
      c. Kesimpulan dan saran
      d. Metode penelitian
      e. tinjauan pustaka 
11. Seorang siswa kelas X ingin mengetahui pengaruh pemberian
      pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman bawang
      merah. Rumusan masalah dari rencana penelitian tersebut adalah ....
     a. Apakah pupuk kandang lebih mudah diperoleh?
     b. Bagaimanakah mekanisme penyerapanpupuk kandang
         oleh tanaman bawang merah?
     c. Apakah tanaman bawang merahcocok dipupuk dengan pupuk
        kandang?
     d. Bagaimana pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan
       tanaman bawang merah?
     e. Apakah pertumbuhan tanaman bawang merah yang baik menyebabkan
      hasil produksi juga meningkat
Hal:14
     Rumusan masalah penelitian berupa pertanyaanpertanyaan
     yang memudahkan untuk merancang penelitian.
     Rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan
     spesifik dari judul penelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan
     dalam rumusan masalah, yaitu:
       – masalah dirumuskan dengan kalimat sederhana dan dalam
          bentuk pertanyaan;
       – singkat, jelas, dan padat serta tidak menimbulkan kerancuan
          pengertian.
     Perumusan masalah, misalnya:
   “Adakah pengaruh jumlah pakan pelet BR terhadap
     pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari?”
12. Variabel bebas dari pernyataan soal
nomor 11 di atas adalah ....
a. variasi bibit bawang merah
b. variasi banyak sedikitnya pupuk kandang
c. variasi pertumbuhan tanaman bawang merah
d. variasi cara pengolahan tanah
e. variasi banyak sedikitnya daun
hal: 14
      Variabel adalah faktor yang berpengaruh, memiliki nilai
      (ukuran) tertentu dan dapat berubah atau diubah. Oleh
     karena itu variabel merupakan faktor peubah. Misalnya:
      • variabel manipulasi/bebas, faktor ubah yang sengaja
       dibuat berbeda-beda oleh pelaku peneliti.
       Misalnya: jumlah pakan pelet BR yang diberikan.
       • variabel respon/terikat faktor ubah yang terjadi sebagai
          akibat proses yang sedang berjalan.
           Misalnya: pertambahan berat ayam kampung
           Definisi operasional:
        Kecepatan pertambahan berat tubuh ayam kampung dalam
           satuan gram.
13. Hipotesis yang dirumuskan dari pernyataan
      soal nomor 11di atas adalah ....
      a. pupuk kandang berpengaruh pada pertumbuhan
          tanaman bawang merah
      b. produksi tanaman bawang merah dipengaruhi
          oleh teknik pengolahan tanah
      c. tingkat pertumbuhan tanaman yang masih muda
          menentukan tingkat produksi bawang merah
      d. apakah pupuk kandang memengaruhi pertumbuhan
          tanaman bawang merah
      e. pertumbuhan tanaman bawang merah
         dipengaruhi oleh pupuk kandang
hal:16
       Perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus
       mempunyai hipotesis. Hipotesis diperlukan jika penelitian
       mempersoalkan hubungan antarvariabel. Penelitian eksploratif
       (penelitian yang bersifat menjelajah) dan penelitian deskriptif
       (penelitian yang bersifat menggambarkan) tidak memerlukan
      hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi
      menjawab masalah penelitian.
      (penelitian yang bersifat mencari hubungan antar  variable).
     Misalnya:
       Terdapat pengaruh positif pemberian pakan pelet BR terhadap
       pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 sampai 40 hari
14. Seorang siswa bertanya kepada guru. Bu, mengapa penyakit
      demam berdarah sering mewabah?
      Pertanyaan tersebut merupakan suatu sikap ilmiah dalam hal ....
      a. mengembangkan rasa ingin tahu
      b. peduli terhadap lingkungan
      c. berpendapat secara ilmiah dan kritis
      d. mampu membedakan antara fakta dan opini
      e. berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi
hal:10
       Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki
      kemampuan berfikir paling cerdas dibandingkan dengan makhluk
      hid up lainnya. Dengan kecerdasan tersebut manusia selalu berkeinginan
      untuk tahu dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang
      telah diketahuinya. Dengan demikian manusia akan selalu mengembangkan 
rasa keinginantahuan tersebut melalui pengetahuannya.
      Sifat keingintahuan manusia dapat berkembang melalui
      Tahapan sistematis yang telah ditentukan, yaitu melalui metode
      ilmiah. Metode ilmiah mengarah pada pola berfikir logis, analitis
      (menggunakan analisis), dan empiris (sesuai dengan kenyataan).
      Adanya sifat empiris inilah yang menyebabkan kebenaran itu
      bersifat objektif, artinya kebenaran melekat pada objek, siapa pun
     yang memandang objek itu pasti sama.
15. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam penulisan
      ilmiah adalah berikut ini, kecuali ....
     a. kalimat padat, singkat dan jelas
     b. kalimat dicetak tebal
     c. kalimat lugas
     d. bermakna sebenarnya
    e. bersifat meyakinkan
hal:13
     Penelitian Ilmiah
        Rancang an penelitian adalah pokok-pokok perencanaan
     seluruh penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah
     secara ringkas, jelas, dan utuh. Rancangan penelitian dibuat dengan
     tujuan agar pelaksanaan penelitian dapat berjalan secara benar,
     baik, dan lancar. Rancangan penelitian memuat judul penelitian,
     latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah
     penelitian, tujuan dan fungsi penelitian, tinjauan
     kepustakaan, hipotesis (kalau diperlukan), batasan konsep,
     metodologi penelitian dan daftar kepustakaan.
     Syarat-syarat rancangan penelitian seperti berikut ini.
     1. Sistematis, artinya unsur-unsur yang ada dalam rancangan
         penelitian harus tersusun dalam urutan yang logis. Setiap
         rancangan harus menentukan judul penelitian, menjelaskan
         latar belakang, dan tujuan penelitian.
      2. Konsisten, artinya terdapat kesesuaian di antara unsurunsurnya,
          misalnya antara judul dengan tujuan, antara rumusan
          masalah dengan tujuan, antara rumusan masalah dengan metodologi, dan sebagainya.
     3. Operasional, artinya dapat menjelaskan bagaimana penelitian
itu dilakukan, misalnya data yang diinginkan, cara pengamatan
terhadap objek penelitian, alat yang digunakan, dan penentuan
objek penelitian.



soal2 biologi
1. Siapakah seseorang yang pertama kali mengamati tentang sel ?

a. Robert Hooke (lks 236 gb klas 2 hal 2)
b. K. Williamson
c. J.B. Reece
d. Johnson
e. Theodor Schwann


2. Pada mahkluk hidup multi seluler sel-sel , yang berkumpul bersama membentuk :

a. Organ
b. Sistem organ
c. Kumpulan sel
d. Jaringan(236 gb klas 2 hal 3)
e. Gugus sel


3. Ciri sel prokariotik adalah, kecuali
a. DNA tidak dibungkus membrane inti
b. Tidak memiliki membrane inti hal c. Memiliki dinding sel
d. Inti sel dan sitoplasma di pisahkan(
e. Aktifitas sel terjadi di Sitoplasma

4. Bagian dari membrane plasma yang menghadap keluar memiliki sifat :

a. Hidrofilik (sumber : http://gudangilmugigi.blogspot.com/2010/07/struktur-sel.html)
b. Hidrofobik
c. Katalisator
d. Transpor
e. Mengurai


5. Unsur yang menyusun membrane plasma yang berfungsi menstabilkan membrane plasma adalah:
a. Protein (lks klas x hal 15)
b. Lipid
c. Karbohidrat
d. Glukosa
e. Phospat

6. Transpor ion, molekul, dan senyawa yang tidak memerlukan energi disebut:
a. Osmosis
b. Transpor pasif (lks klas 11 236 hal 20)
c. Transpor aktif
d. Transpor electron
e. Difusi

7. Perpindahan pelarut dari hipotonik ke hipertonik di sebut:

a. Hemolisis
b. Plasmolisis
c. Osmosis (buku catatan dari dvd)
d. Difusi
e. Transpor pasif


8. Pada sel hewan bila lingkungan sekitarnya hipertonik (lebih pekat) maka akan terjadi:

a. Krenasi
b. Lipid
c. Difusi
d. Plasmolisis
e. Tugrid


9. Membesarnya ukuran sel pada tumbuhan sehingga mendorong dindingselnya disebut:
a. Krenasi
b. Osmosis
c. Tugrid
d. Hemolisis
e. Plasmolisis

10. Zat yang membentuk saluran subsatnsi-subsansi sehingga bisa di lalui pada difusi disebut:
a. Asam amino
b. Glukosa
c. Protein intergral
d. Protein pembawa
e. Asam asetat

11. Proses pergerakan acak partikel-partikel dari konsentrasi tinggi ke rendah disebut:

a. Osmosis
b. Transfor pasif
c. Transfor Aktif
d. Difusi (lks klas 11 236 hal 21)
e. Substrat


12. Ilmuwan yang menyatakan bahwa sel berasal dari sel adalah :

  1. Robert Brown
  2. Robert Kock
  3. Rudolf Virchow (BSE 236 klas x1 hal 3)
  4. Max Scultze
  5. Schleiden


13. Transpor suatu zat yang mengaktifkan transport zat lain melewati membrane plasma :

a. Transpor electron
b. Kotranspor
c. Pompa ion
d. Osmosis
e. Difusi (bse 285 klas x1 hal 11)


14. Transpor dengan membentuk lipatan pada membrane plasama disebut:
a. Tranfor electron
b. Kontranspor
c. Endositas dan eksositosis(bse 189 klas x1 hal 16)
d. Osmosis dan Plasmolisis
e. Endobilitas dan eksobilitas





15. Fungsi inti sel berikut, kecuali :
a. Mengendalikan proses metabolisme
b. Menyimpan informasi genetic dalam bentuk DNA
c. Mengatur kapan dan di mana gen harus berkerja
d. Tempat terjadinya replikasi dan transkripsi
e. Menstabilkan kesatuan fisik membrane plasma (bse 189 klas x1 hal 21)


16. Cairan yang berada di dalam membrane plasma tetapi di luar nucleus disebut:

a. Plasmolisis
b. Plastida
c. Sitoplasma (bse 146 klas x1 hal 6)
d. Isopropil
e. Nukleus


17. Pada Amoeba yang mengatur pergerakan selnya adalah :
a. Badan Golgi
b. Ribosom
c. Sitoskeleton(bse 146 klas x1 hal 18)
d. Lisosom
e. Retikulum Endoplasma (RE)                        

18. Organel sel yang berfungsi mensintesis protein adalah :

a. Mitokondria
b. Lisosom
c. Ribosom (lks klas x hal 15)
d. Badan Golgi
e. RE halus


19. Organel sel yang berfungsi mensintesis lipid adalah :

a. RE kasar
b. Ribosom
c. RE halus(lks klas x hal 17)
d. Endoplasma
e. Ribosom


20. Enzim oksidatif dan katalase berada pada organel sel :

a. Mitokondria
b. Peroksisom (lks klas x hal 18)
c. RE kasar
d. RE halus
e. Sitoplasma


21. Ciri-ciri sel hewan adalah sebagai berikut,kecuali :
a. Tidak memiliki dinding sel
b. Memiliki vakuola berukuran besar
c. Tidak memiliki plastida
d. Memiliki sentriol
e. Memiliki nukleus (lks klas x hal 23)





22. Bahan utama penyusun dinding sel pada sel tumbuhan :

a. Protein
b. Glukosa
c. Selulosa(lks klas x hal 23)
d. Seluler
e. Leukoplas


23. Enzim yang berguna mentranfer hydrogen dari substrat ke oksigen :
a. Enzim katalase( power point sel slide 20)
b. Enzim Maltase
c. Enzim oksidatif
d. Enzim Peroksida
e. Enzim petialin

24. Pada sel hewan dan tumbuhan yang berfungsi sebagi tempat keluar dan masuknya ion, molekul kedalam dan keluar sel adalah :
a. Membran plasma (lks klas x hal 15)
b. Nukleus
c. Ribosom
d. Badan golgi
e. RE

25. Organel sel yang terdiri dari mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen tengah :
a. Membran plasma
b. Sitoskeleton (lks klas x hal 21)
c. Retikulum endoplasma
d. Lisosom
e. Mitokondria

26. Tempat protein dan molekul lain ditransportasikan adalah di bagian :
a. Sitoskeleton
b. Lisosom
c. Badan Golgi (bse 236 klas x1 hal 9)
d. Peroksisom
e. Selulosa

27. Organel sel yang berisi enzim pencernaan yang umumnya pada sel hewan :

a. Lisosom (lks klas x hal 18)
b. Badan Golgi
c. Sitoskeleton
d. Sentriol
e. Nukleus


28. Bila di lakukan pengamatan sel hewan dengan menggunakan mikorskop cahaya, bagian  sel yang tidak teramati adalah :
a. Dinding sel
b. Membran sel
c. Sitoplasma
d. Intisel atau nucleus
e. Mitokondria

29. Benda mikroskopis dapat di perbesar secara tiga dimensi dengan bantuan mikroskop :

a. Cahaya
b. Scanning electron (bse 189 klas x1 hal 6)
c. Transmission electron
d. Fluoresens
e. Fase kontras


30. Unit dasar struktur membrane plasma adalah :
a. Fospolipid bilayer (bse 189 klas x1 hal 10)
b. Protein intergral
c. Kolesterol
d. Protein periferal
e. Glikoprotein-glikolipid

31. Transpor molekul melalui membrane plasma yang melibatkan dua protein membrane adalah:

a. Osmosis
b. Difusi (lks klas x hal 35)
c. Endositosis
d. Kotranspor
e. Pompa ion


32. Larutan yang dapat mempertahankan bentuk dan volume sel adalah :

a. Hipertonik
b. Hipotonik
c. Isotonic (lks klas x hal 36)
d. Terlarut
e. Pelarut


33. Transpor makro melekul seperti polisakarida ke luar sel di lakukan dengan cara :

a. Osmosis
b. Difusi
c. Endositosis
d. Eksositosis(lks klas x hal 38)
e. Transport aktif


34. Osmosis disebut juga dengan difusi air karena :
a. Air yang melewati selaput permeable
b. Air yang berpindah melewati selaput semipermeabel (lks klas x hal 36)
c. Air yang berpindah melewati selaput impermeable
d. Air yang dapat melarutkan gula
e. Air yang menghancurkan dinding sel

35. Bila larutan gula dan air di masukan ke dalam wadah yang bersifat permeable akan terjadi peristiwa :
a. Difusi(bse 189 klas x1 hal 11)
b. Osmosis
c. Difusi dan osmosis
d. Imbibisi
e. Tidak terjadi apa apa



36. Yang berfungsi memberikan tekanan turgor terhadap sel adalah :
a. Vakum
b. Leukoplas
c. Vakuola (lks klas x hal 22)
d. Sentriol
e. Spindel

37. Senyawa kimia yang tidak di perlukan oleh sel itu sendiri pada vakuola adalah:
a. Tonoplas (lks kla x hal 22)
b. Turgiditas sel
c. Metabolit sekunder
d. Metabolit primer
e. Turgiditas molekul

38. Organel bermembran rangkap dengan bentuk dan fungsi yang berbeda pada sel tumbuhan yaitu
a. Kloroplas
b. Vakuola
c. Jaringan ikat
d. Plastida
e. Jaringan epidermis

39. Organel yang menandung klorofil yaitu:
a. Kromoplas
b. Kloroplas (lks klas x hal 19)
c. Leukoplas
d. Sentrikoplas
e. Tilakoplas

40. Tempat menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk amilum adalah :

a. Kromoplas
b. Leukoplas (lks kla x hal 19)
c. Kloroplas
d. Stroma
e. Tilakoid


41. Tempat berlangsungnya fotosintesis yaitu di bagian :
a. Stroma
b. Tilakoid (power point sel slide 24)
c. Membran dalam
d. Membran luar
e. Granula

42. Mengapa Kromoplas berwarna kuning jingga:

a. Karoten (bse 285 klas x1 hal 8)
b. Iodin
c. Plasmoid
d. Turgidus
e. Peroksida


43. Organel yang mengatur pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom yaitu:

a. Plastida
b. Kroroplas
c. Vakuola
d. Badan Golgi
e. Sentriol (power point sel slide 23)


44. Bahan penyusun sentriol yaitu :
a. Karoten
b. Iodin
c. Protein mikrotubulus (bse 285  klas x1 hal 8)
d. Karbohidrat
e. Lipid

45. Struktur protein seperti jala yang tampak berlekatan dengan kromosom selama pembelahan adalah :
a. Benang spindle
b. Benang spiral
c. Jaringan ikat
d. Jaringan meristem
e. Metabolit sekunder

46. Fungsi kloroplas adalah:
a. Sebagai pusat control sel
b. Melepaskan energi dari makanan di dalam sel (bse 189 klas x1 hal 25)
c. Menghasilkan gula dengan reaksi fotosintesis
d. Mengatur sesuatu yang masuk dan keluar sel
e. Melarutkan enzim-enzim dalam air

47. Struktur di dalam sel yang mengatur semua aktivitas sel adalah :
a. Kloroplas
b. Inti sel(lks klas x hal 16)
c. Membrane sel
d. Vakuola
e. Situplasma

48. Matriks mitokondria merupakan tempat terjadinya :
a. Transfer electron (vse 189 25 klas x1)
b. Glikoisis
c. Sintesis protein dan lipid
d. Replikasi DNA
e. Oksidasi asam lemak dan katabolisme asetil Co A





49. Sel hewan memiliki organel yang berguna saat pembelahan sel yaitu :
a. Sentriol (BSE 236 klas x1 hal 13)
b. Vakuola
c. Meristem apical
d. Permeable
e. Endositosis

50. Fotosintesis pada tumbuhan terjadi di . . . . Pada kloroplas.
a. Lumen grana
b. Stroma (BSE 236 klas x1 hal 13)
c. Membrane luar
d. Tilakoid
e. Grana